Sabtu, 07 Februari 2009

Menjadikan Buah Hati Tumbuh Sehat dan Cerdas




Bak telur dan ayam, manakah yang harus tercipta terlebih dahulu. Begitu pula dengan kecerdasan atau kesehatan, manakah yang harus di prioritaskan. Tentunya menjadi dua hal yang sama penting, untuk harapan seorang ibu terhadap buah hatinya. Bukan menjadi sebuah impian baru dan aneh lagi, jika seorang ibu menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas. Tetapi bagaimana untuk mendapatkan keduanya?

Mendapatkan anak yang tumbuh cerdas harus dimulai dari anak yang tumbuh sehat, itulah salah satu komentar dari Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K). Dr. Zakiudin Ketua divisi Alergi Imunologi Bagian Ilmu dan Anak FKUI-RSCM yang ditemuai dalam acara Nutrilon, Protection from the Inside juga mengatakan, kekebalan tubuh (imunitas) menjadi hal paling dasar dalam menciptakan tubuh sehat dan kuat yang harus dimulai dengan sehatnya saluran pencernakan anak. ”Sistem imunitas yang sempurna dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti gangguan pada saluran napas serta berbagai macam infeksi, sedangkan kekebalan tubuh secara umum juga akan baik jika kekebalan saluran cerna baik ” ujarnya.


Faktor yang mempengaruhi kekebalan tubuh

Banyak faktor yang memengaruhi imunitas tubuh anak. Dr. Zakiudin menyebutkan faktor tersebut antara lain:
1. Infeksi
2. Penyakit ganas
3. Obat-obatan, dapat menekan kekebalan tubuh. Contohnya adalah pengkonsumsian steroid dalam jangka panjang.
4. Gangguan gizi, sebagai makanan dari bakteri-bakteri baik yang berfungsi juga sebagai imunitas tubuh. Gizi inilah yang menentukan jangka panjang tingkat imunitas seseorang.
5. Usia

Prebiotik Perkuat Kekebalan Tubuh
Sementara, ada banyak cara yang dapat dipilih untuk memperkuat kekebalan tubuh anak. Salah satunya dengan memberi makanan mengandung prebiotik. Selain sangat aman, prebiotik yang dikenal sebagai bahan makanan yang dapat mendukung tumbuh kembang bakteri menguntungkan dalam sistem pencernakan, dapat menumbuhkan bakteri baik pada sistem pencernaan dan mencegah timbulnya alergi pada anak.

"Prebiotik itu adalah makanan untuk kuman yang bermanfaat atau yang disebut probiotik. Oleh sebab itu, mengonsumsi prebiotik sangat baik dalam memperkuat kekebalan terutama dalam saluran cerna” ungkap Dr Zakiudin Munasir, Sp. A (K)

Selain berfungsi memelihara bakteri baik, prebiotik juga secara tidak langsung mampu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menekan risiko alergi. Dr Zakiudin menjelaskan, suplai prebiotik yang cukup akan membuat pertumbuhan bakteri menguntungkan lebih baik sehingga keseimbangan antara sel limfosit T-helper yang berperan dalam merespon alergi dan infeksi juga akan tercapai.

Sumber Prebiotik
Sedangkan untuk sumber prebiotik, Dr. Zakiudin melanjutkan dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan dan buah-buahan. Sumber dari makanan alami seperti gandum, bawang, pisang , bawang putih, madu, dan kacang-kacangan. Ada pula yang dalam bentuk lain atau ditambahkan dalam susu formula.

"Salah satunya adalah pisang, buah ini juga kaya akan kalium. Tetapi juga harus mendapatkan sumber lain guna mencegah kebosanan" ujarnya.

Sementara itu, Medical Marketing Manager Nutricia, Dr Ashari Fitriyansyah menambahkan, memperkuat Sistem Imunitas Anak dapat dilakukan dengan cara pemberian Prebiotic dengan menambahkan Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS) dengan rasio 1: 9 dalam susu balita. Ini Didasarkan pada beberapa penelitian yang membuktikan, komposisi prebiotik unik ini dapat memberi banyak keuntungan mulai dari meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menekan yang buruk, menguatkan dinding saluran cerna dengan keasaman usus yang lebih rendah dan pola asam lemak rantai pendek, menurunkan insiden infeksi seperti ISPA maupun diare dan membantu proses pembentukan feses yang lunak dan pergerakan saluran cerna yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar