Sabtu, 07 Februari 2009

8 Penyebab Bibir Hitam

Bibir cantik dan sehat adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, tak semua orang dikaruniai bibir yang indah kemerahan itu. Seringkali bibir berubah warna menjadi hitam kebiruan. Apa penyebab dan bagaimana mengatasinya? Lantas bagaimanakah memerahkan bibir yang kehitaman sehingga lebih indah dipandang mata?

Faktor Penyebab
Dr. Deby Vinski, AAMS , pemilik sebuah klinik anti aging menjelaskan bahwa Bibir yang cantik adalah yang lembut bercahaya, kenyal, berwarna merah muda cerah dan sehat. Jika bibir sehat tersebut berubah menjadi hitam, dikatakan oleh Dr. Deby Spesialis Anti-Aging Medicine lulusan Paris, Perancis disebabkan oleh banyak factor. Factor-faktor tersebut antara lain:
1. Bahan kimia, seperti penggunaan kosmetik yang tidak cocok dan dermatitis kontak penyebab bibir menghitam. “Contohnya penggunaan lipstik yang tidak cocok” katanya. Dipastikan olehnya, bahan yang tidak cocok yang terkandung dalam lipstik jika digunakan dalam waktu yang lama dapat membuat lama-kelamaan bibir menghitam. karena penggunaan lipstik yang berlebihan.
2. Alergi lipstik, alergi pasta gigi, alergi obat (obat oles maupun obat minum), karena pajanan sinar matahari.
3. Seperti halnya kulit di sekujur tubuh, keindahan bibir juga dipengaruhi oleh hormon estrogen, yaitu hormon yang dapat membantu proses perbaikan dan pergantian kulit (regenerasi). Semakin bertambahnya usia, apalagi jika sudah memasuki usia menapouse, kadar estrogen menurun tajam sehingga proses regenerasi melemah, bahkan lama-kelamaan berhenti sama sekali. Tanpa regenerasi, maka kulit tidak bisa melindungi dan melembabkan sendiri, sehingga berangsur-angsur mengerut dan mengendur. Pada saat itulah bibir tampak kering dan hitam.
4. Mengkonsumsi obat yang tidak cocok.
5. Kebiasaan minum kopi yang berlebihan (kalau hanya 1-2 cangkir per hari sih tidak apa2),
6. Merokok. Rokok merupakan penyebab tersering bibir hitam, karena nikotin dapat menyebabkan peningkatan pigmen melanin di bibir / kulit. Bibir hitam kebiruan juga bisa dibabkan jika ada gangguan kesehatan yang disebut cyanosis , biasanya juga mengenai ujung jari akan ikut tampak kebiruan. Hal ini bisa disebabkan al oleh penyakit jantung atau paru. Pengobatan terbaik untuk masalah ini adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis.
7. Faktor keturunan juga membuat bibir hitam.
8. Faktor Nutrisi seperti Kekurangan vitamin, zat besi dan keadaan hormonal yang tidak optimal.


Tenang, Dapat DiCegah Kok!
Dr. Deby yang juga merupakan representative World Society of Anti Aging medicine( WOSAAM) yang berpusat di Perancis menuturkan, kulit bibir tidak memiliki melanin yang melindungi kulit. Bibir dilapisi kulit tipis dan didalamnya terdapat membran selaput lendir transparan sehingga kulit bibir sangat sensitif dan tentu saja bila bahan asing yang tidak cocok bisa membuat warna bibir menjadi gelap.
Selanjutnya untuk pencegahannya, Dr. Deby Presiden IIAAAM ( Indonesian Institute of Aesthetic & Anti-Aging Medicine) mengatakan dapat dilakukan dengan membersihkan bibir setelah menggunakan lipstik dengan pembersih khusus bibir. “Karena sisa-sisa lipstik yang tertinggal dapat membuat bibir tampak kehitaman” tuturnya. Sedangkan untuk menghindari dermatitis kontak, Dr. Deby menganjurkan sebaiknya sebelum menggunakan lipstik yang baru dibeli, anda mencobanya terlebih dahulu pada kulit dibelakang telinga. Setelah itu diamkan selama 24 jam. ”Bila terasa gatal dan perih, berarti anda tidak cocok menggunakan lipstik tersebut” jelasnya.

Kalau Terlanjur Hitam?
Bagaimana jika bibir terlanjur berubah hitam? Tidak perlu minder, karena saat ini bibir yang menghitam bisa dimerahkan dengan menggunakan krim, gel, atau salep. Pesan Dr. Deby, jika bibir hitam diduga akibat rokok, tindakan pertama adalah stop merokok.
Dr. Deby juga memberikan langkah lain yang dapat dilakukan dirumah, yaitu dengan mengoleskan glycerin/minyak almond dan sari lemon pada bibir setiap malam sebelum tidur. Lemon adalah pemutih alami (natural bleaching), jadi tidak perlu khawatir menggunakannya.
Bahkan, Dr. Deby juga mengatakan bahwa bibir hitam yang disebabkan oleh faktor genetik, rokok atau alergi juga dapat diatasi dengan teknik sulam bibir medis. ”Ingin bibir langsung merah muda sekaligus memberi bentuk yang diinginkan, dapat dilakukan sulam bibir medis yang dilakukan diklinik, di Perfect Beauty untuk mengubah secara instant bibir hitam menjadi warna idaman” tuturnya. ”Ada 5 pilihan warna dari baby pink, baby peach sampai warna semu merah” lanjutnya. Pada umumnya, Dr. Deby mengatakan pasien lebih banyak memilih warna baby pink sehingga tak perlu lagi memakai lipstick. ”Otomatis bibir akan berwarna merah muda alami, hanya perlu memakai lipgloss saja” lanjutnya. Sedangkan untuk sulam bibir perlu waktu 3-5 hari untuk mencapai hasil sempurna. Semua prosedur dilakukan diruangan steril dan nyaman karena menggunakan anestesi local .
Bila dengan cara diatas hasilnya belum optimal, dr. Deby menyarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut. Umumnya dokter akan meracikkan lip balm yang mengandung bahan pencerah (bleaching) dan pelembut bibir. Bila penyebabnya alergi, maka sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan anti alergi.


Tips Natural: Mengembalikan Warna Bibir Indah Alami
Bagi anda pecinta pengobatan natural, sulam bibir medis bukan satu-satunya solusi bagi keluhan bibir hitam. Mewujudkan bibir merah merekah juga bisa dilakukan dengan irisan buah lemon. Berikut disampaikan tips oleh Dr. Deby:
1. Kompres bibir dengan irisan buah lemon selama 30-60 menit
2. Oleskan lip balm yang mengandung vaselin sebelum tidur.
3. Keesokan paginya, gosoklah juga bibir dengan sikat gigi lembut saat menggosok gigi. Hal ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit bibir yang baru. Gunakan sikat lembut dengan tekanan sikat yang ringan.
4. Jangan lupa menggunakan lip balm yang mengandung SPF 15 sepanjang pagi dan siang. Umumnya cara seperti ini dapat membantu memulihkan kembali warna bibir. Sementara bibir yang menghitam karena bahan kosmetik, rokok, ataupun dermatitis kontak dapat dibantu pemulihannya dengan krim yang mengandung steroid (Steroid dapat membantu memerahkan bibir yang menghitam) sehingga warna bibir kembali merekah.


TIPS MENJAGA BIBIR TETAP MERAH:

Sebelum warna bibir anda yang merah berubah menjadi gelap atau pucat, ada baiknya jika anda melakukan perawatan agar warna bibir kita tetap indah. Layaknya kulit wajah, kulit bibir juga perlu dirawat agar tetap menjadi cantik. Berikut ini disampaikan tipsnya oleh Dokter Deby sebagai ahlinya:

• Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
• Pakailah lipstick yang mengandung pelembab. Hindari pemakaian lipstik yang berlebihan. Dan jangan terlalu lama lipstik menempel di bibir
• Lipstik jangan sampai dibawa tidur, karena itu setelah beraktivitas selalu bersihkan bibir menggunakan pembersih.Ini penting untuk mensterilkan bibir dari bahan kimia lipstik
• Jangan sering menjilat bibir karena akan membuat bibir kering
• Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk siang hari
• Untuk menjaga kelembabanya, oleskan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur malam. Jika anda merokok, segeralah berhenti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar